Laporan observasi di sekolah
Sdn no. 001 matakali
DISUSUN OLEH:
l Kara
Lukman t
iai DDI POLMAN
2016-2017
Kata Pengantar
Puji syukur kami haturkan kehadirat
Allah SWT karena kehendak-Nya lah kami masih mampu menyelesaikan laporan ini
yang berjudul “Laporan Observasi di sekolah SDN NO. 001 MATAKALI ”, sebagai
tugas mata kuliah dalam memenuhi materi yang akan dibahas. Kami juga
mengucapkan rasa terimakasih kepada
semua pihak yang telah memberikan kritik serta masukan yang membangun terhadap materi dan penyajian
makalah ini.
Lporan ini disusun sebagai sarana
mahasiswa untuk pembelajaran, dan merupakan sarana bagi mahasiswa dalam
mengembangkan ilmu serta pengetahuan mengenai
Proses pembelajaran di SD/MI.
Kami menyadari pada Laporan ini
masih terdapat kesalahan serta kekurangannya. Oleh karena itu, kami senantiasa
mengharapkan masukan atau kritik serta saran demi menyempurnakan Laporan ini.
Akhirnya semoga laporan ini bisa turut andil dalam mencerdaskan generasi muda
bangsa, dan dapat bermanfaat nantinya.
Daftar isi
Halaman judul................................................................................................................ i
Kata Pengantar............................................................................................................... ii
Daftar Isi........................................................................................................................ iii
Bab I Pendahuluan......................................................................................................... 1
A.
Latar Belakang................................................................................................ 1
B.
Rumusan Masalah........................................................................................... 1
C.
Tujuan............................................................................................................. 1
D.
Manfaat .......................................................................................................... 1
E.
Metode............................................................................................................ 1
Bab II Hasil Observasi................................................................................................... 2
A.
Pelaksanaan Observasi................................................................................... 2
B.
Hasil Observasi.............................................................................................. 2
Bab III Penutup.............................................................................................................. 6
A.
Kesimpulan .................................................................................................... 6
B.
Saran............................................................................................................... 6
Lampiran........................................................................................ ................................ iv
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Sekolah adalah sebuah lembaga yang
dirancang secara khusus sebagai pengajaran bagi siswa dibawah pengawasan
seorang guru. Tingkat satuan pendidikan yang dianggap sebagai dasar dari
tingkatan pendidikan dimulai dari sekolah dasar. Pendidikan dasar merupakan hal
terpenting untuk menjadikan kualitas anak didik yang tinggi.
Sebagai seorang calon guru yang
nantinya akan mendidik para siswanya mempunyai kontribusi besar dalam
mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Pendidikan guru madrasah ibtidaiyyah adalah salah satu jurusan dimana
mahasiswanya dicetak sebagai calon guru yang harus mengetahui lebih awal
kondisi sekolah yang sesungguhnya agar pada saat terjun ke sekolah dapat
merencanakan pelaksanaan pendidikan yang berkualitas. Dengan adanya kegiatan
observasi ini, kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu
pembelajaran yang baik dan benar, yang nantinya dapat kita terapkan saat kita
mengajar nanti.
Dalam kesempatan observasi ini,
penulis memilih SDN No. 001 MATAKALI sebagai objek observasi mengenai “proses
pembelajaran bahasa Indonesia”. Waktu untuk melakukan observasi adalah hari
jumat, 24 Maret 2017. Waktu yang digunakan saat observasi relatif singkat.
B. Rumusan
Masalah
1.
Metode apa yang di gunakan guru saat mengajar ?
2.
Bagaimana proses pembelajaran saat di kelas ?
3.
Apakah pengajaran yang dilakukan sesuai dengan RPP yang
di buat ?
C. Tujuan
1.
Mengetahui metode yang digunakan guru saat mengajar
2.
Mengetahui proses pembelajaran saat di kelas
3.
Mengetahui apakah pengajaran yang dilakukan sudah
sesuai dengan RPP yang di buat.
D. Manfaat
Dapat mengetahui
bagimana proses pembelajaran yang dilakukan guru saat mengajar dikelas.
E. Metode
Metode yang
digunakan dalam melakukan observasi :
1.
Observasi
2.
Wawancara
BAB
II
HASIL
OBSERVASI
A.
Pelaksanaan Observasi
Observasi ini
kami lakukan di kelas V, dengan wali kelas Rahmatia, R. S.Pd dengan
pembelajaran bahasa Indonesia. Pada:
Hari/Tanggal : Jumat/24
Maret 2017
Waktu : 10:30 – 11:05
Tempat : SDN No.001 MATAKALI
Alamat : Jl. Poros Majene No. 115 Kelurahan
Matakali. Kec. Matakali
B.
Hasil Observasi
1.
Metode yang digunakan.
Metode yang pertama di gunakan guru
saat memulai pelajaran adalah metode ceramah sebelum memasuki materi pelajaran
yang di ajarkan. Setelah masuk dalam pembahasan materi, guru menerapkan metode
tanya jawab, sehingga siswa dapat dengan leluasa bertanya tentang apa saja yang
mereka belum tahu, begitu juga guru bisa memberi pertanyaan sehingga memancing
siswa untuk berpikir dan mengembangkan keingin tahuan siswa. Selain itu guru
juga menerapkan metode latihan dan penugasan saat pembelajaran berlangsung.
Guru memberikan latihan dan sebelum waktu belajar selesai guru juga memberikan
tugas rumah/pekerjaan rumah (PR).
Guru selalu memikirkan strategi yang
tepat agar materi tersampaikan dengan jelas. Disamping itu juga melakukan
perubahan metode pengajaran supaya siswa tidak jenuh. Metode yang digunakan
antara lain: metode ceramah dan metode diskusi.
2.
Proses pembelajaran di kelas
Awal pembelajaran di mulai, guru memberikan
arahan dan teguran agar siswa tenang dan tertib saat belajar dalam kelas.
Setelah itu siswa berdoa sebelum di mulai pembelajaran. Saat masuk dalam materi
pembahasan bahasa indonesia siswa mulai agak ribut dan lama kelamaan makin
ribut hingga guru mengeluarkan teguran kepada siswa yang berisik. Ketika siswa
tidak mau mendengar dengan tegas ibu guru tersebut memberikan teguran keras. Terkadang
guru tersebut membrikan hukuman seperti berdiri di depan kelas. Meskipun begitu
ibu guru tersebut memberikan nasihat yang baik kepada siswanya yang tidak mau
mendengar. Dan menyuruh siswanya berjanji tidak melakukan hal itu lagi.
Pembelajaran dikelas juga dilakukan
dalam suasana yang bersih, nyaman, memberikan perlengkapan dan ruang yang cukup
bagi setiap siswa, serta mendukung mereka dalam melaksanakan tugas, baik secara
individu maupaun kelompok. Hal ini dapat memberikan kenyamanan siswa dalam
belajar. dan mengembangkan pembelajaran aktif sehingga dapat meningkatkan
keterlibatan siswa dan terjadi hubungan timbal balik antara siswa dan guru.
3. Keterkaitan RPP dengan pelaksanaan pembelajaran dikelas
Proses
pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas hampir sama dengan yang ada di
RPP yang di buatnya terlebih dahulu. Di mulai dari metode, langkah-langkah
pembelajaran,dan sumber belajar yang di gunakan. Yang berbeda ialah metode,
metode di gunakan guru saat mengajar lebih banyak di banding yang ada di RPP.
Kemudian buku yang di gunakan agak berbeda dengan ada di RPP. Buku yang di
gunakan saat mengajar ada berbagai macam buku paket.
Berikut
RPP yang ibu guru gunakan untuk mengajar ....
( RPP )
Sekolah : SD NEGERI NO. 001 MATAKALI
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : 5
( Lima ) / 2 ( dua )
Aloasi waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
1.
Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca
memindai, dan membaca cerita anak.
B.
Kompetensi
Dasar
1.2. Menemukan informasi secara cepat
dari berbagai teks khusus ( buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan daftar
acara, menu dll )
C.
Tujuan
Pembelajaran**
·
Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan
tepat serta menjelaskan secara tepat.
v
Karakter
siswa yang di harapkan :
·
Tanggung, Bersahabat / Komunikatif
D. Materi Ajar
·
Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara,
kamus, buku petunjuk telepon, ensklopedia.
E. Metode Pembelajaran
·
Tanya jawab, latihan dan penugasan
F. Langkah-langkah Pembelajaran :
·
Kegiatan awal
Apersepsi dan
Motivasi :
-
Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi
dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan
salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
-
Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca
berbagai teks bacaan.
-
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit
pembelajaran.
·
Kegiatan Inti
&
. Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
F
Siswa menjelaskan jadwal perjalanan kereta api
dalam bentuk uraian atau narasi melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F
Siswa menentukan secara cepat dan tepat
informasi yang di perlukan atau di minta oleh guru atau teman melalui kegiatan tanya
jawab dan penugasan.
F
Siswa menulskan jadwal perjalanan keretan api
dalam bentuk narasi kedalam bentuk bagan melalui kegiatan laihandan penugasan,
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, siswa :
F
Guru bertanya jawab tentag hal-hal yang belum
diketahui siswa.
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
·
Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
F
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang
proses dan hasil belajar
F
Siwa di beri tugas menjelaskan jadwal
kegiatannya di rumah masing-masing.
G. Alat / Bahan / Sumber Belajar
·
Teks cerita, buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5
B penerbit umum, serta standar isi 2006.
H. Penilaian
Nilai
Budaya Dan Bangsa Karakter
|
Indikator
Pencapaian
|
Tehnik
Penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
Ø
Tanggung jawab: sikap dan perilaku
seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,
terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan ( alam, sosial dan budaya ),
negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Ø
Bersahabat/ Komuniktif : tindakan
yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan
orang lain.
|
Ø
Membaca jadwal siaran televisi
Ø
Menjawab pertanyaan
Ø
Menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat.
|
Tes lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian produk
|
Ø
Coba temukan secara cepat dan tepat nformasi
yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman.
Ø
Jelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam
bentuk uraian atau narasi.
Ø
Tuliskan jadwal perjalanan kereta api dari
bentuk narasi ke dalam bentuk bagan.
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
&
Produk ( HASIL DISKUSI )
NO.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*semua benar
*sebagian besar benar
*sebagian kecil benar
*semua salah
|
4
3
2
1
|
&
PERFORMASI
NO.
|
Aspek
|
Krieria
|
skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*pengetahuan
*kadang-kadang pengetahuan
*tidak pengetahuan
*aktif praktek
*kadang-kadang aktif
*tidak aktif
*sikap
*kadang-kadang sikap
*tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR
PENILAIAN
NO.
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|||||||
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah Skor : Jumlah Skor Maksimal ) X 10
@
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat KKM
maka diadakan Remedial.
...............,..............20
Mengetahui
Kepala
SDN No.......... Guru
Kelas V
_ _ _ _
NIP : NIP
:
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kegiatan observasi bagi mahasiswa
calon guru sangatlah bermanfaat karena dapat memberikan pandangan awal bagi
mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjadi pendidik serta agar siap untuk
terjun lansung kesekolah dasar.
Permasalahan
yang paling sering muncul adalah tidak semua yang tercantum dalam RPP dapat
dilaksanakan oleh guru. Guru belum sepenuhnya dapat memanfaatkan properti yang
mendukung proses pendidikan serta metode pengajaran yang digunakan tidak selalu
mengikuti RPP yang ada
Berdasarkan wawancara yang saya
lakukan, bahwa kurikulum yang digunakan adalah dibuat oleh sekolah dan sumber
utama pengajaran adalah buku paket.
B.
Saran
Untuk menjadi guru kelas yang baik
dan efektif dalam mengajar di SD/MI., tidaklah begitu mudah di lakukan untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Walaupun sudah ada RPP yang di buat sebelumnya.
Maka dari itu, untuk menjadi guru yang baik, yang harus dilakukan yaitu terus belajar,
dan berusaha dalam memperbaiki diri jadi lebih baik lagi dalam membentuk
pribadi guru kelas yang propesional.
LAMPIRAN
Komentar
Posting Komentar