Langsung ke konten utama

Laporan Penelitian di SD



Laporan observasi di sekolah
Sdn no. 001 matakali
















 






DISUSUN OLEH:
l Kara
Lukman t

iai DDI POLMAN
2016-2017



Kata Pengantar

Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT karena kehendak-Nya lah kami masih mampu menyelesaikan laporan ini yang berjudul “Laporan Observasi di sekolah SDN NO. 001 MATAKALI ”, sebagai tugas mata kuliah dalam memenuhi materi yang akan dibahas. Kami juga mengucapkan  rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kritik serta masukan yang  membangun terhadap materi dan penyajian makalah ini.
Lporan ini disusun sebagai sarana mahasiswa untuk pembelajaran, dan  merupakan sarana bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu serta  pengetahuan mengenai Proses pembelajaran di SD/MI.
Kami menyadari pada Laporan ini masih terdapat kesalahan serta kekurangannya. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan masukan atau kritik serta saran demi menyempurnakan Laporan ini. Akhirnya semoga laporan ini bisa turut andil dalam mencerdaskan generasi muda bangsa, dan dapat bermanfaat nantinya.




























Daftar isi
Halaman judul................................................................................................................   i
Kata Pengantar...............................................................................................................   ii
Daftar Isi........................................................................................................................   iii
Bab I Pendahuluan.........................................................................................................  1
A.    Latar Belakang................................................................................................  1
B.     Rumusan Masalah...........................................................................................  1
C.     Tujuan.............................................................................................................  1
D.    Manfaat ..........................................................................................................  1
E.     Metode............................................................................................................  1
Bab II Hasil Observasi...................................................................................................   2
A.    Pelaksanaan Observasi...................................................................................   2
B.     Hasil Observasi..............................................................................................   2
Bab III Penutup..............................................................................................................   6
A.    Kesimpulan ....................................................................................................   6
B.     Saran...............................................................................................................   6
Lampiran........................................................................................ ................................   iv





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang secara khusus sebagai pengajaran bagi siswa dibawah pengawasan seorang guru. Tingkat satuan pendidikan yang dianggap sebagai dasar dari tingkatan pendidikan dimulai dari sekolah dasar. Pendidikan dasar merupakan hal terpenting untuk menjadikan kualitas anak didik yang tinggi.
Sebagai seorang calon guru yang nantinya akan mendidik para siswanya mempunyai kontribusi besar dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan guru madrasah ibtidaiyyah adalah salah satu jurusan dimana mahasiswanya dicetak sebagai calon guru yang harus mengetahui lebih awal kondisi sekolah yang sesungguhnya agar pada saat terjun ke sekolah dapat merencanakan pelaksanaan pendidikan yang berkualitas. Dengan adanya kegiatan observasi ini, kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran yang baik dan benar, yang nantinya dapat kita terapkan saat kita mengajar nanti.
Dalam kesempatan observasi ini, penulis memilih SDN No. 001 MATAKALI sebagai objek observasi mengenai “proses pembelajaran bahasa Indonesia”. Waktu untuk melakukan observasi adalah hari jumat, 24 Maret 2017. Waktu yang digunakan saat observasi relatif singkat.

B.     Rumusan Masalah
1.      Metode apa yang di gunakan guru saat mengajar ?
2.      Bagaimana proses pembelajaran saat di kelas ?
3.      Apakah pengajaran yang dilakukan sesuai dengan RPP yang di buat ?

C.     Tujuan
1.      Mengetahui metode yang digunakan guru saat mengajar
2.      Mengetahui proses pembelajaran saat di kelas
3.      Mengetahui apakah pengajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan RPP yang di buat.

D.    Manfaat
Dapat mengetahui bagimana proses pembelajaran yang dilakukan guru saat mengajar dikelas.

E.     Metode
Metode yang digunakan dalam melakukan observasi :
1.      Observasi
2.      Wawancara










BAB II
HASIL OBSERVASI
A.    Pelaksanaan Observasi
Observasi ini kami lakukan di kelas V, dengan wali kelas Rahmatia, R. S.Pd dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Pada:
Hari/Tanggal          :         Jumat/24 Maret 2017
Waktu                    :         10:30 – 11:05
Tempat                   :         SDN No.001 MATAKALI
Alamat                   :         Jl. Poros Majene No. 115 Kelurahan Matakali. Kec. Matakali

B.     Hasil Observasi

1.        Metode yang digunakan.
Metode yang pertama di gunakan guru saat memulai pelajaran adalah metode ceramah sebelum memasuki materi pelajaran yang di ajarkan. Setelah masuk dalam pembahasan materi, guru menerapkan metode tanya jawab, sehingga siswa dapat dengan leluasa bertanya tentang apa saja yang mereka belum tahu, begitu juga guru bisa memberi pertanyaan sehingga memancing siswa untuk berpikir dan mengembangkan keingin tahuan siswa. Selain itu guru juga menerapkan metode latihan dan penugasan saat pembelajaran berlangsung. Guru memberikan latihan dan sebelum waktu belajar selesai guru juga memberikan tugas rumah/pekerjaan rumah (PR).
Guru selalu memikirkan strategi yang tepat agar materi tersampaikan dengan jelas. Disamping itu juga melakukan perubahan metode pengajaran supaya siswa tidak jenuh. Metode yang digunakan antara lain: metode ceramah dan metode diskusi.

2.        Proses pembelajaran di kelas
Awal pembelajaran di mulai, guru memberikan arahan dan teguran agar siswa tenang dan tertib saat belajar dalam kelas. Setelah itu siswa berdoa sebelum di mulai pembelajaran. Saat masuk dalam materi pembahasan bahasa indonesia siswa mulai agak ribut dan lama kelamaan makin ribut hingga guru mengeluarkan teguran kepada siswa yang berisik. Ketika siswa tidak mau mendengar dengan tegas ibu guru tersebut memberikan teguran keras. Terkadang guru tersebut membrikan hukuman seperti berdiri di depan kelas. Meskipun begitu ibu guru tersebut memberikan nasihat yang baik kepada siswanya yang tidak mau mendengar. Dan menyuruh siswanya berjanji tidak melakukan hal itu lagi.
Pembelajaran dikelas juga dilakukan dalam suasana yang bersih, nyaman, memberikan perlengkapan dan ruang yang cukup bagi setiap siswa, serta mendukung mereka dalam melaksanakan tugas, baik secara individu maupaun kelompok. Hal ini dapat memberikan kenyamanan siswa dalam belajar. dan mengembangkan pembelajaran aktif sehingga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan terjadi hubungan timbal balik antara siswa dan guru.

3.   Keterkaitan RPP dengan pelaksanaan pembelajaran dikelas
     Proses pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas hampir sama dengan yang ada di RPP yang di buatnya terlebih dahulu. Di mulai dari metode, langkah-langkah pembelajaran,dan sumber belajar yang di gunakan. Yang berbeda ialah metode, metode di gunakan guru saat mengajar lebih banyak di banding yang ada di RPP. Kemudian buku yang di gunakan agak berbeda dengan ada di RPP. Buku yang di gunakan saat mengajar ada berbagai macam buku paket.
            Berikut RPP yang ibu guru gunakan untuk mengajar ....

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :         SD NEGERI NO. 001 MATAKALI
Mata Pelajaran              :         Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :         5 ( Lima ) / 2 ( dua )
Aloasi waktu                 :         2 x 35 menit

A.           Standar Kompetensi
1.      Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.

B.            Kompetensi Dasar
1.2. Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus ( buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll )

C.           Tujuan Pembelajaran**
·           Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskan secara tepat.

v   Karakter siswa yang di harapkan :

·         Tanggung, Bersahabat / Komunikatif

D.      Materi Ajar
·         Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara, kamus, buku petunjuk telepon, ensklopedia.

E.       Metode Pembelajaran
·         Tanya jawab, latihan dan penugasan

F.       Langkah-langkah Pembelajaran :
·         Kegiatan awal
Apersepsi dan Motivasi :
-          Siswa berdo’a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
-          Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai teks bacaan.
-          Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.

·         Kegiatan Inti
& . Eksplorasi
 Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
F Siswa menjelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F Siswa menentukan secara cepat dan tepat informasi yang di perlukan atau di minta oleh guru atau teman melalui kegiatan tanya jawab dan penugasan.
F Siswa menulskan jadwal perjalanan keretan api dalam bentuk narasi kedalam bentuk bagan melalui kegiatan laihandan penugasan,
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, siswa :
F Guru bertanya jawab tentag hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
·         Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar
F Siwa di beri tugas menjelaskan jadwal kegiatannya di rumah masing-masing.

G.      Alat / Bahan / Sumber Belajar
·         Teks cerita, buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B penerbit umum, serta standar isi 2006.

H.      Penilaian
Nilai Budaya Dan Bangsa Karakter
Indikator Pencapaian
Tehnik Penilaian
Bentuk instrumen
Contoh Instrumen
Ø Tanggung jawab: sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan ( alam, sosial dan budaya ), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Ø Bersahabat/ Komuniktif : tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
Ø Membaca jadwal siaran televisi
Ø Menjawab pertanyaan
Ø Menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat.
Tes lisan dan tertulis
Lembar penilaian produk
Ø Coba temukan secara cepat dan tepat nformasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman.
Ø Jelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi.
Ø Tuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( HASIL DISKUSI )
NO.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
*semua benar
*sebagian besar benar
*sebagian kecil benar
*semua salah
4
3
2
1

& PERFORMASI
NO.
Aspek
Krieria
skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap

*pengetahuan
*kadang-kadang pengetahuan
*tidak pengetahuan

*aktif praktek
*kadang-kadang aktif
*tidak aktif

*sikap
*kadang-kadang sikap
*tidak sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

& LEMBAR PENILAIAN
NO.
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.








CATATAN :
Nilai = ( Jumlah Skor : Jumlah Skor Maksimal ) X 10
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ...............,..............20
Mengetahui
Kepala SDN No..........                                                  Guru Kelas V



_                                    _                                                _                                 _
NIP :                                                                               NIP :




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan

Kegiatan observasi bagi mahasiswa calon guru sangatlah bermanfaat karena dapat memberikan pandangan awal bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjadi pendidik serta agar siap untuk terjun lansung kesekolah dasar.
Permasalahan yang paling sering muncul adalah tidak semua yang tercantum dalam RPP dapat dilaksanakan oleh guru. Guru belum sepenuhnya dapat memanfaatkan properti yang mendukung proses pendidikan serta metode pengajaran yang digunakan tidak selalu mengikuti RPP yang ada
Berdasarkan wawancara yang saya lakukan, bahwa kurikulum yang digunakan adalah dibuat oleh sekolah dan sumber utama pengajaran adalah buku paket.

B.     Saran

Untuk menjadi guru kelas yang baik dan efektif dalam mengajar di SD/MI., tidaklah begitu mudah di lakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Walaupun sudah ada RPP yang di buat sebelumnya. Maka dari itu, untuk menjadi guru yang baik, yang harus dilakukan yaitu terus belajar, dan berusaha dalam memperbaiki diri jadi lebih baik lagi dalam membentuk pribadi guru kelas yang propesional.





LAMPIRAN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pendekatan Manajemen Kelas

Pendekatan dalam manajemen kelas   DISUSUN OLEH: L Kara Sitti saleha nurhidayah STKIP DDI POLMAN 2015-2016 KATA PENGANTAR Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT karena kehendak-Nya lah kami masih mampu menyelesaikan makalah yang berjudul “Pendekatan Dalam Manajemen Kelas”, sebagai tugas mata kuliah Manajemen Pengelolaan Kelas dalam memenuhi materi yang akan dibahas. Kami juga mengucapkan   rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kritik serta masukan yang   membangun terhadap materi dan penyajian makalah ini. Makalah ini disusun sebagai sarana mahasiswa untuk pembelajaran, dan   merupakan sarana bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu serta   pengetahuan mengenai Pendekatan Dalam Manajemen Kelas. Kami menyadari pada makalah ini masih terdapat kesalahan serta kekurangannya. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan masukan atau kritik serta saran de...