Langsung ke konten utama

Laporan Praktikan IAI




LAPORAN PRAKTEK PROFESI KEGURUAN (PPK)
PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DDI LEMO TUA









Oleh :

IRMAYANA
 14.01.0621.0176
NURMIATI BT. AMIRUDDIN
 14.01.0621.0177
LKARA
 14.0622.0236
MARYAM
 14.0622.0062
HAJRA
 14.0622.0197
LUKMAN. T
 14.0622.0235
ABD. HASRUL MAKKA
 14.0622.0186
ANSAR
 14.0622.0232
ZAINAL ABIDIN
 14.0622.0164
 
            



Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM DDI
POLEWALI MANDAR
2018








KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi rabbil alamin dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah swt, atas berkat rahmat dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan tugas dan menyusun laporan praktek profesi keguruan (PPK). Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw.
Laporan ini kami susun berdasarkan apa yang telah kami peroleh selama kami berada di tempat praktek profesi keguruan (PPK). Serta data-data yang ada disekolah MIS DDI Lemo Tua. Mulai dari persiapan sampai observasi pelaksanaan dan menganalisa berdasarkan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh kampus melalui buku panduan.
Serta tak lupa kami sampaikan terimah kasih kepada :
1.      Bapak Abd. Wahid Noer, S.Ag.,M.Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAI DDI POLEWALI MANDAR
2.      Ibu Hiljati Aris S.Ag.,M.Pd, selaku ketua Prodi Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah
3.      Abd.Haris Nawawi S.Ag.,S.Pd.,M.Pd.I Selaku Dosen Pembimbing PPK di MIS Lemo Tua
4.      Ibu Halijah S.Pd.I, selaku Kepala Madrasah MIS DDI Lemo Tua
Semoga Allah SWT. selalu melimpahkan Rahmat dan Hidayahnya kepada Bapak, Ibu, Saudara serta rekan-rekan atas segala amalnya.
            Dengan tersusunnya laporan PPK ini kami menyadari dengan terbatasnya waktu dan juga dalam penyusunan laporan ini jauh dari kesempurnaan oleh karena itu senantiasa kami harapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun untuk perbaikan selanjutnya, tiada kata lain kami ucapkan banyak terimah kasih. 

Lemo Tua, 24 Februari 2018

                                                                                                                             Kelompok PPK


Daftar Isi
HALAMAN PENGESAHAN......................................................................      1
KATA PENGANTAR...................................................................................      2
DAFTAR ISI.................................................................................................      3
BAB I PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang Masalah..............................................................................      4    
1.2   Fokus Pelaksanaan.......................................................................................      5
1.3   Tujuan Pelaksanaan.....................................................................................      10
1.4   Manfaat Pelaksaan.......................................................................................      10
BAB II RENACANA PELAKSAAN
2.1 Bahan dan Kelengkapan Mengajar....................................................      12
2.3  Jadwal Pelaksaan...........................................................................................      14
2.3 Konsultasi Jadwal Pelaksaan ............................................................      16
2.3.1 Dengan Dosen Pembimbing.................................................................      16
2.3.2 Dengan Guru Pamong/Kepala Madrasah/sekolah................................      17
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK PROFESI KEGURUAN
3.1  Pelaksanaan Kegiatan Praktik Mengajar........................................................      18
3.2  Pelaksanaan Kegiatan Non Mengajar.............................................................      22
BAB IV PENUTUP
4.1 Simpulan.............................................................................................      24
4.2 Saran...................................................................................................      25
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BOIDATA






BAB I
PENDAHULUAN
Praktek Profesi Keguruan (PPK), merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk melatih keterampilan para calon guru untuk menjadi yang profesional.
            PPK ini kami laksanakan di MIS DDI Lemo Tua, di tempat ini kami di tuntut untuk menguasai cara mendidik dan mengajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu dengan cara pendidikan yang di berikan secara rill (Praktek Langsung terhadap materi yang diberikan ), sehingga anak didik mendapat kepuasan setelah mengikuti pembelajaran ini.
1.1   Latar Belakang Masalah
Program Profesi Keguruan (PPK) merupakan suatu program bagian intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang mengkacup latihan mengajar maupun tugas-tigas pendidikan lainnya secara terbimbing dan terpadu sebagai prasyarat pembentukan profesi tenaga kependidikan.
Program Profesi Keguruan (PPK) merupakan proses perpaduan berbagai komponen pengajaran dan pengetahuan teori dan praktek untuk memenuhi persyaratan kegiatan akademik pada Lembaga Perguruan Tinggi Kependidikan (LPTK) seperti yang dilaksanakan oleh FTIK IAI DDI POLEWALI MANDAR ini, untuk itu maka mahasiswa wajib menempuh Program Profesi Keguruan yang pelaksanaannya pada semester VII dan VIII.
Pendidikan di tuntut harus menghasilkan guru-guru yang berkwalitas, untuk memenuhi tuntutan tersebut maka diperlukan tindakan yang nyata yang berupa pengajaran. Melalui tindakan pengajaran akan diperoleh apap-apa yang berupa pengajaran, oleh karena itu lingkup pengjaran lebih bersifat operasional secara rinci dan spesifik.
Tugas sebagai serang guru sangatlah komplels sebab guru:
-          Tidaklah semata-mata sebagai transfer of knowledge (penyampaian ilmu)
-          Bukan tenaga profesional yang hanya punya tanggung jawab atas penyampaian kurikulum semata.
Stegmen di atas adalah bertentangan asas guru yaitu mendidik dan mampu mewujudkan hasil pendidikan yang harus di emban bersama antara guru, sekolah dan masyarakat.Disamping itu guru di tuntut memberikan bantuan agar peserta didik mampu berkembang secara optimal, sehingga menjadi insan yang berbudi pekerti bernalar tinggi.
1.2  Fokus Pelaksanaan
Pada kegiatan Praktek Profesi Keguruan (PPK) dimana sasaran dan lokasi yang telah di tentukan adalah :
1.      Sasaran latihan pengalaman lapangan di MIS DDI Lemo Tua adalah untuk memahami keadaan madrasah secara umum, akademik dan administrasi serta mempelajari sisi dalam kegiatan belajar mengajar.
2.      Lokasi dari MIS DDI Lemo Tua terletak di Jl. Poros Lemo No. 33 Desa Kuajang Kec. Binuang Kab. Polewali Mandar.
Adapun gambaran umum/deskripsi sekolah :
Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 22 Januari 2018 s/d 24 Februari 2018, guna menunjang kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan PPL, maka salah satu tahap yang dilakukan oleh mahasiswa PPL adalah melaksanakan observasi sekolah. Observasi merupakan suatu metode pengumpulan data dengan cara pengamatan terhadap berbagai situasi dan aspek yang berkaitan dengan sekolah tempat pelaksanaan PPL. Pelaksanaan observasi dilaksanakan selama 3 hari sebelum praktek di mulai. Tujuan observasi adalah untuk:
·         Memberikan gambaran yang lengkap kepada mahasiswa mengenai keadaan sekolah/madrasah berikut data-data kependidikan.
·         Mengetahui sarana dan prasarana penunjang pembelajaran sekolah/madrsah
·         Mengenal berbagai program yang dikembangkan di sekolah yang dikunjungi, personalia sekolah.
·         Mengetahui suasana saat proses belajar mengajar di sekolah.
1.      Sejarah Singkat Madrasah
Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) DDI Lemo Tua merupakan pendidikan formal setingkat SD yang terletak di Desa Kuajang  Kecamatan Binuang Kabupaten Polman, MI DDI Lemo Tua berdiri pada tanggal 01 Januari 1969 dengan penggagas Daud Tanete, H.Abu Bakar, BA, Samsudding Palang, Mustafa Djumari dan tokoh lainnya.
Secara operasional MI DDI Lemo Tua mengadakan kegiatan belajar mengajar dimulai pada tanggal 01 Desember1986 dengan jumlah siswa 19 anak dan 6 guru pendidik serta 1 tenaga administrasi. Kepemimpinan MI DDI Lemo Tua pertama adalah bapakAhmad Sahid setelah beliau dimutasi ke MI DDI Lemo Baru, kepemimpinan dilanjutkan oleh bapak Mustafa Djumari dan yang ketiga bapak H. Abu Bakar, BA Kemudian diganti oleh bapak Samsudding Palang selanjutnya digantikan oleh bapak Usman Rauf, setelah beliau dimutasi ke MI DDI Tonyaman. Kepemimpinan MI selanjutnya digantikan oleh ibu Bunga Bau S.Pd.I  Selanjutnya digantikan oleh ibu Nadina, S.Pd.I mulai tahun 2008 sampai September 2016. setelah beliau dimutasi ke MI DDI Tappina Kepemimpian  MI DDI Lemo Tua selanjutnya dipegang oleh ibu Maryam, S.Pd.I mulai Oktober 2017 sampai januari 2018 setelah peratutaran PMA nomor 58 berlaku kepemimpinan MI selanjutnya dipegang Oleh ibu Halijah, S.Pd.I sampai sekarang
Mensikapi aturan pendidikan yang digariskan oleh pemerintah, yayasan mendaftarkan legalisasi MI DDI Lemo Tua di Departemen Agama, dengan lahirnya piagam pengesahan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran Departemen Agama Propinsi Sulawesi Selatan dengan nomor Wt/6-b/PP.03.2/0314/86 tertanggal 1 Desember 1986.
Sejalan dengan berbagai kemajuan yang ada baik fisik maupun non fisik, mulai tanggal 22 Nopember 2006 MI DDI Lemo Tua telah mendapat status Terakreditasi B dengan nomor piagam B-507/KW.31.2/5/PP.00/07/2006.

2.      Visi, Misi Dan Tujuan Madrasah
·         Visi    :   Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik, beriman dan bertakwa Serta terpercaya di dalam masyarakat.

·         Misi    :   
a.       Melaksanakan pembelajaran pakem agar siswa terdorong belajar optimal  Sesuai dengan potensinya.
b.      Menjalin kerja sama antar sekolah dan masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam mengembangkan sikap dan mental anak.
c.       Meningkatkan kepedulian guru terhadap lingkungan sekolah agar proses pembelajaran dapat berjalan secara berkesinambungan.
d.      Pemberdayaan tenaga pendidik yang mengacu pada SDM untuk meningkatkan mutu pendidikan.
·         Tujuan Madrasah :
1.        Memberi bekal kemampuan dasar “Baca, Tulis, Hitung “ dan pengetahuan umum dan agama.
2.        Berbudi pekerti luhur, berakhlaqul karimah.
3.        Mempersiapkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
4.        Memenuhi dan melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana menuju kualitas pendidikan.
3.      Status Madrasah
  1. Nama Madrasah                      :    Madrasah Ibtidaiyah DDI Lemo Tua
  2. NPSN                                      :    60724206
  3. Nomor Statistik Madrasah      :    111276040031
  4. Alamat Sekolah                       :    Jl. Poros Lemo No. 33Desa Kuajang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman, Telp. 085333737555
  5. Status Sekolah                        :    Swasta
  6. Tahun Berdiri                          :    01 Januari 1969
  7. No Akte Pendirian Terakhir    :    B-5078/KW.31.2/5/PP.00/07/2016
  8. Status Akreditasi/Tahun         :    B / 2016
  9. Waktu Belajar                         :    Pagi ( jam 07.30 s/d 12.45 WIB )
  10. Status Tanah                           :    Milik Sendiri
  11. Surat Kepemilikan                  :    Sertifikat
  12. Luas Tanah                              :    1344 m2
Tabel 1.1 Keadaan Siswa
ROMBEL
KELAS I
KELAS II
KELAS III
KELAS IV
KELAS V
KELAS VI
MUTASI
KET
KELAS
A
A
A
A
A
A
MASUK
KELUAR
JENIS KEL.
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
JUMLAH
15
10
8
11
11
11
13
13
12
10
11
15




JUMLAH PER KELAS
25
19
22
26
22
26



JUMLAH LAKI –LAKI
70



JUMLAH PEREMPUAN
70



JUMLAH KESELURUHAN
140




Tabel 1.2 Daftar Keadaan Guru PNS
NO
NAMA
NIP
L/P
TEMPAT LAHIR
TANGGAL LAHIR
JABATAN TUGAS
PEDD. TERAKHIR
ALAMAT
KET
MATA PELAJARAN
1
Halijah, S. Pd.I
19751230.200501.2.006
P
Rea Timur
30-12-1966
Wali Kelas VI
S 1
Rea Timur
Sertifikasi
2
Nurmiati, S.Pd.I
19710807.200701.2.026
P
Lemo
07/08/1971
Wali Kelas IV
S 1
Lemo Tua
-
3
Ahmad Ashar, S.Pd.I
19800102.20092.1.005
L
Polewali
02/01/1980
Wali Kelas V
S 1
Lemo Tua
Sertifikasi
4
Mauluddin, S.Pd.I
19701231.200501.1.043
L
Lemo
31/12/1970
Wali Kelas III
S 1
Lemo Tua
Sertifikasi
5
ASMA, S.Pd.I
198207052.00710.2.001
P
Lemo Tua
05/07/1982
Wali Kelas II
S1
Tanro
Sertifikasi
Tabel 1.3 Daftar Keadaan Guru Honorer Dan Staf
NO
NAMA
NIP
L/P
TEMPAT LAHIR
TANGGAL LAHIR
JABATAN TUGAS
PEDD. TERAKHIR
ALAMAT
KET
MATA PELAJARAN
1
Maryam, S.Pd.I

P
Lemo
08/02/1984
Wali Kelas II                 Kepala Madrasah
S 1
Lemo Tua
Sertifikasi
2
Sabannur, S.Pd.I

P
Lemo
02/03/1985
Wali Kelas I
S 1
Lemo Tua
Sertifikasi
3
Paisal, S.Pd.I

L
Lemo
02/04/1987
Pembina pramuka
S 1
Lemo Tua
-
4
Andila Mawarni, S.Pd.I

P
Lemo
07/12/1990
Pembina UKS
S 1
Lemo Tua
-
5
Ismail N, S.Pd.I

L
Lemo
25/10/1990
Bendahara
S 1
Lemo Tua
-
6
Muhyidin

L
Lemo
03/09/1994
Operator Emis
SMA
Lemo Tua
-
Tabel 1.4 Keadaan  Sarana Dan Prasarana
NO
NAMA SARANA
PERMANEN
DARURAT
JUMLAH TOTAL
KET
BAIK
R. RINGAN
R. BERAT
BAIK
R. RINGAN
R. BERAT
1
Rg. Ka. Sekolah

1




 1

2
Ruang Guru








3
Ruang Kelas
2

4



6 

4
Ruang Perpustakaan

1




1

5
Ruang Lab








6
Ruang UKS
1





 1

7
WC

2




 2

8
Meja Guru dan Staf
10





 10

9
Kursi  Guru dan Staf
10





 10

10
Meja Siswa
60





 60

11
Kursi Siswa
100

20



 120

12
Lemari
3

3



 6

13
Komputer


1



 1

14
Laptop
2





 2

15
Printer

2




 2

16
Scnner








17
Ruang TU








18
Ruang Staf








19
Mushollah

1




 1

20
Kantin
1





 1

21
Dapur

1




 1


1.3    TUJUAN PELAKSANAAN
Sebagai sebuah program yang berusaha mempersipkan tenaga pendidik yang profesional, PPK memiliki dua tujuan yaitu :
a.       Tujuan umum
Secara umum tujuan pelaksanaan PPK ini adalah untuk membentuk tenaga pendidik / Guru yang profesional kepribadian yang luhur, berwawasan luas, ahli dalam bidangnya, tanggung jawab, serta siap mengabdikan diri pada bangsa dan Negara sehingga pada waktunya para calon pendidik dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
b.      Tujuan khusus
Adapun tujuan khusus pelaksanaan PPK ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk menerapkan teori-teori yang diperoleh di bangku kuliah
2.      Untuk menerapkan sebagai kemampuan profesional yang utuh dan terpadu dalam situasi nyata.
3.      Untuk menguasai berbagai keterampilan mengajar.
4.      Untuk menguasai secara cermat lingkungan fisik administrasi akademik dan social psikologi tempat pelaksanaan PPK berlansung
5.      Untuk mengembangkan aspek pribadi dan social dilingkungan sekolah tempat berlansung PPK
6.      Untuk menarik kesimpulan nilai edukatif dari penghayatan dan pengalaman selama pelaksanaan praktek melalui refleksi dan meluangkan hasil refleksi itu dalam bentuk laporan.

1.4    MANFAAT PELAKSANAAN
Manfaat yang diperoleh dari kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) ini antara lain:
1.     Bagi Mahasiswa
Dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dai perguruan tinggi dengan keadaan yang sesungguhnya dan dapat menerapkan pengalaman di masa yang akan datang. Pengalaman yang kami peroleh diharapkan dapat meningkatkan kompetemsi guru profesional serta dapat digunakan sebagai motivasi kami untuk dapat lebih maju dan profesional.
2.    Bagi Sekolah/madrasah
Dapat menerapkan metode pengajaran yang telah diterapkan oleh mahasiswa dan dapat mengembangkannya menjadi lebih baik.
3.    Bagi Perguruan Tinggi
Dapat digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan mahasiswanya dalam pengalamannya selama mengajar






BAB II
RENCANA PELAKSANAAN
2.1  Bahan dan Kelengkapan Mengajar
Setelah mahasiswa diserahkan kepada pihak sekolah oleh Dosen Pendamping Lapangan (PDL). Mahasiswa melakukan koordinasi dengan guru pamong tentang kegiatan Praktek Profesi Keguruan (PPK), dengan menyiapkan bahan dan kelengkapan mengajar antara lain :
1.      Silabus dan RPP
          Sebelum mahasiswa menyusun Silabus dan RPP mahasiswa perlu menetapkan permasalahan pembelajaran pada suatu bidang studi di suatu kelas. Penyusunan RPP, Prota, Prosem, dan Silabus megikuti format yang telah di tentukan. Perencanaan di awali dengan kegiatan menganalisis kebutuhan untuk pemecahan masalah yang dihadapi, seperti: kompetensi dasar, cara membuat siswa belajar, menyiasati kekurangan fasilitas dan sarana belajar, sehingga dapat di ketahui berbagai kondisi nyata yang akan digunakan untuk kepentingan pembelajaran.
          Kesimpualan dari hasil analisis kebutuhan menjadi bagian utama yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan Silabus dan RPP sehingga RPP menjadi sebuah perencanaan yang sangat matang, yang di dalamnya sanggup mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung baik pada tahap awal, tahap inti sampai dengan tahap akhir pembelajaran, termasuk instrumen evaluasi/ penilaiannya.
          Perlu ditekankan bahwa Silabus dan RPP merupakan suatu skenario pelaksanaan Praktek Pembelajaran di kelas yang akan dilakukan oleh guru. Sebagai suatu skenario pembelajaran pasti memuat suatu alur dan urutan kegiatan pembelajaran serta garis besar materi dari setiap kegiatan yang tidak membingungkan.
·        Menyusun silabus
Seperti yang telah diketahui dalam proses pembelajaran, seorang Guru pengajar harus memiliki kesiapan dan persiapan dalam memberikan pengajaran kepada anak didiknya supaya terarah dan terencana. Maka dari itu langkah selanjutnya adalah menyusun silabus dengan langkah-langkah sebagai berikut :
ü  Kompetensi Inti
ü  Kompetensi Dasar
ü  Materi pembelajar
ü  Kegiatan pembelajaran
ü  Penilaian
ü  Alokasi waktu
ü  Sumber belajar
Dalam hal menyusun silabus, mahasiswa praktikum mengguanakan penyusunan silabus dengan pendekatan kurikulum 2013, yang dalam penyusunannya tidak terlepas pada pedoman yang ada dan meminta arahan dari Dosen pembimbing.
·        Penyusunan RPP
Setelah menyusun silabus maka diperlukan persiapan mengajar dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ), guna memudahkan para siswa dalam mencerna materi yang disampaikan dan proses mengajar pun lebih terarah. Unsur-unsur dalam penyusunan persiapan pengajaran antara lain :
ü  Kompetensi Inti
ü  Kompetensi Dasar dan Indikator
ü  Tujuan pembelajaran
ü  Materi pembelajaran
ü  Metode pembelajaran
ü  Kegiatan pembelajaran
ü  Sumber, Alat dan Media pembelajaran
ü  Penilaian pembelajaran
Adapaun bahan dan kelengkapan lainnya adalah :
1.      Buku Guru, Buku Siswa dan Buku bahan ajar lainnya
2.      ATK
3.      Media/Alat bantu mengajar yaitu alat-alat yang digunakan untuk membantu kelancaran mengajar seperti lembar kerja siswa (LKS), alat peraga, gambar/foto dan lain sebagainya.

2.2  Jadwal Pelaksanaan
Sebelum pembagian jadwal diberikan, hal yang pertama ditetapkan adalah pembagian tugas mengajar untuk mahasiswa praktikum yang ditetapkan oleh Sekolah/Madrasah yang bersangkutan. Berikut pembagian tugas mengajar pada mahasiswa :
Tabel 2.1 Pembagian Tugas Mengajar
No
Nama
Nim
Bidang Studi
Kelas
1
Irmayana
 14.01.0621.0176
SKI
III-VI
2
Nurmiati. Amiruddin
 14.01.0621.0177
FIQHI
I-VI
3
Lukman T
 14.0622.0235
AlQur’an Hadist
I-VI
4
Maryam
 14.0622.0062
Tema Umum
I
5
Hajra
 14.0622.0197
Tema Umum
II
6
Abd. Hasrul Makka
 14.0622.0186
Tema Umum
III
7
Zainal Abidin
 14.0622.0164
Tema Umum
IV
8
Ansar
 14.0622.0232
Tema Umum
V
9
Lkara
 14.0622.0236
Tema Umum
VI

Setelah pembagian tugas mengajar sudah ditetapkan maka selanjutnya adalah penentuan jadwal mengajar dalam setiap mata pelajaran dimana jadwal untuk mahasiswa PPK dalam setiap harinya berbeda-beda, diantaranya sebagai berikut:
Tabel 2.2 Jadwal mengajar mahasiswa praktikum
JADWAL MENGAJAR
Senin
Selasa
Jam
Nama
Kelas
Jam
Nama
Kelas
08:05-09:15
Nurmiati. Amir
II
07:30-08:40
Zainal Abidin
IV
Zainal Abidin
IV
Ansar
V
Ansar
V
08:40-09:15 &
09:50-10:25
Lukman T
I
09:50-11:35
Maryam
I
Irmayana
III
09:50-11:00
Nurmiati. Amir
III
Ansar
V
Zainal Abidin
IV
LKara
VI
Ansar
V
10:25-12:10
A. Hasrul Makka
III
Ahmad Ain
VI
10:25-11:35
Zainal Abidin
VI
11:00-12:10
Hajra
II
Ansar
V
Zainal Abidin
IV
Irmayana
VI
Irmayana
V
11:35-12:45
Zainal Abidin
IV
LKara
VI
Ansar
V



Nurmiati. Amir
VI
MIS DDI LEMO TUA
Rabu
Kamis
Jam
Nama
Kelas
Jam
Nama
Kelas
7:30-08:40
Maryam
I
7:30-08:40
Maryam
I
Lukman T
II
Hajra
II
A.Hasrul Makka
III
A.Hasrul Makka
III
Nurmiati. Amir
IV
Lukman T
IV
Ansar
V
08:40-09:15 &
09:50-10:25
Maryam
I
08:40-09:15 &
09:50-10:25
Maryam
I
Hajra
II
Hajra
II
A. Hasrul Makka
III
Nurmiati. Amir
V
Lukman T
V
LKara
VI
LKara
VI
10:25-11:35
Maryam
I
10:25-11:35
Maryam
I
Hajra
II
Hajra
II
10:25-12:10
Lukman T
III
Lukman T
VI
Zainal Abidin
IV
10:25-12:10
A. Hasrul Makka
III
LKara
VI
Zainal Abidin
IV



10:25-12:45
Ansar
V


LKara
VI


2.3  Konsultasi Jadwal Pelaksaanaan
Dalam pelaksanaan PPK ini, mahasiswa melakukan konsultasi dari berbagai pihak diantaranya konsultasi dengan dosen pembimbing dan konsultasi dengan dengan guru pamong. Konsultasi dilakukan setelah mahasiswa PPK resmi dalam praktik mengajar di MIS DDI Lemo Tua. Mahasiswa praktikan tidak hanya melakukan konsultasi jadwal saja tetapi juga melakukan konsultasi mengenai hal yang lainnya, salah satu diantaranya adalah konsultasi mengenai bahan dan kelengkapan mengajar yang akan digunakan mahasiswa praktikan selama praktik mengajar. Kegiatan ini dilakukan sebelum dan atau setelah kegiatan praktik mengajar. Konsultasi yang dilakukan oleh mahasiswa PPK bertujuan untuk mendapant bimbingan dan arahan yang akan  membantu mahasiswa dalam proses praktik mengajar nantinya. Berikut beberapa uraian konsultasi yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan :

2.3.1.      Konsultasi dengan Dosen Pembimbing
Bimbingan dari Dosen pembimbing jarang dilakukan karna Dosen pembimbing sangat percaya penuh terhadap Guru Pamong/Instruktur. Oleh karena itu konsultasi yang dilakukan mahasiswa praktikan hanya sesekali saja dalam seminggu. Proses bimbingan diserahkan kepada guru Pamong/Instruktur masing-masing mahasiswa praktikan. Bimbingan dari Dosen Pembimbing hanya sebatas pemberian semangat terhadap Mahasiswa PPK sebelum mereka terjun mengajar. Tetapi terkadang juga memberikan kritikan yang sifatnya membangun terhadap pengajaran yang telah dilakukan oleh mahasiswa praktikan. Dan tidak lupa untuk mengingatkan kepada mahasiswa praktikan untuk selalu menjaga hubungan yang baik dengan para guru dan staf serta siswa MIS DDI Lemo Tua. Dan yang paling utama adalah tetap menjaga nama baik almamater IAI DDI Polewali Mandar.

2.3.2.      Konsultasi dengan Guru Pamong
Bimbingan dari Guru Pamong diberikan kepada praktikan yang akan mengajar di kelas masing-masing meliputi :
1.      Pemberian materi pelajaran
2.      Gambaran melaksanakan persiapan mengajar
3.      Sebelum melaksanakan proses pembelajaran di kelas, praktikan perlu berkonsultasi pada Guru Pamong, konsultasi itu meliputi :
a.    Penentuan jadwal mengajar
b.    Persiapan bahan dan Kelengkapan mengajar ( Silabus dan RPP )
c.    Cara mengelolah kelas
d.   Proses kegiatan mengajar
e.    Media dan sumber bahan ajar lainnya
f.     Evaluasi yang berhubungan dengan TPK
4.      Setelah proses pembelajaran selesai, Guru Pamong memberikan kritikan serta saran yang sifatnya membangun.







BAB III
PELAKSANAAN PRAKTIK PROFESI KEGURUAN (PPK)
3.1  Pelakasanaa Kegiatan Praktik Mengajar
Dalam kegiatan proses belajar mengajar ini ada beberapa hal yang penting dan perlu diperhatikan yaitu:
1.        Membuka Pelajaran
Untuk membuka pelajaran guru terlebih dahulu mengucapkan salam, kemudian melakukan sedikit komunikasi dengan siswa sehingga siswa merasa nyaman dan akrab saat menerima pelajaran nantinya, kemudian guru memeriksa kehadiran para siswa, dan memotivasi siswa. Tahapan pembukaan pelajaran ini berlangsung selama kurang lebih 10 menit.
2.        Kegiatan Inti (Kegiatan Belajar Mengajar)
Dalam kegiatan belajar mengajar inti ada beberapa hal yang dilakukan oleh guru dengan melibatkan peran aktif siswa di kelas seperti berikut:
a).   Guru sedikit mengulang pelajaran dari pertemuan sebelumnya, yang kemudiaan dilanjutkan dengan memberi penjelasan atau pembahasan secara singkat namun jelas dan mudah dipahami siswa mengenai materi yang dimaksudkan.
b).   Guru memberikan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai pelajaran yang masih kurang dipahami, dalam proses ini guru bisa melakukan diskusi tidak hanya antara guru dan siswa tetapi juga antara siswa dan siswa yaitu dengan memberi kesempatan pada siswa untuk menjawab pertanyaan temannya sebelumnya.
c).   Guru memberikan evaluasi berupa latihan-latihan atau pertanyaan mengenai pelajaran yang baru saja dibahas sebagai bentuk penguatan dan merupakan pengalaman atau pengukuran belajar bagi siswa sejauh mana pemahaman yang siswa peroleh dari pembelajaran. Bentuk evaluasi ini dapat berupa latihan atau tugas secara lisan maupun tertulis.
3.        Kegiatan Akhir (penutup)
Kegiatan yang terakhir adalah guru menutup pelajaran dengan terlebih dahulu memberi kesimpulan singkat mengenai pelajaran yang telah dijelaskan. Selanjutnya guru meminta siswa untuk mengungkapkan hambatan-hambatan atau kesulitan yang dihadapi selama proses belajar mengajar berlangsung dan mengahkiri pelajaran dengan kembali mengucapkan salam.

Dalam pelaksanaan PPL yang telah dicanangkan dari IAI DDI POLMAN, peserta PPL yang bertempat di MIS DDI Lemo Tua mengikuti dan melaksanakan Program Kegiatan Sekolah yaitu:
1.    Kegiatan Belajar Mengajar
Peserta PPL mulai melaksanakan kegiatan belajar mengajar dua minggu setelah pelepasan dari IAI DDI POLMAN ke Sekolah/Madrasah tempat pelaksanaan PPL, sedangkan waktu dua minggu sebelum mulai mengajar digunakan untuk melaksanakan observasi sekolah dan kelas tempat peserta PPL (mahasiswa) akan mengajar sesuai petunjuk Guru Pamong. Tujuan observasi ini adalah agar calon guru (peserta PPL) mengenal para siswa dan situasi kelas.
Sarana yang dipakai dalam kegiatan ini adalah perangkat pembelajaran yang didalamnya mencakup silabus, RPP, buku pegangan dan alat peraga.
Program kegiatan belajar mengajar dilaksanakan melalui tahap-tahap sebagai berikut:
a.    Persiapan tertulis berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat sesuai dengan sistematika yang telah disepakati dengan guru pamong agar dalam penyampaian materi pelajaran kelas dapat berjalan dengan baik.
b.    Persiapan mental meliputi penguasaan materi belajar agar mampu mengantisipasi semua masalah dari siswa dan lebih penting adalah belajar dari banyak sumber dan arahaan dari guru pamong.
c.    Kondisi jiwa yang meliputi kesehatan tubuh, penampilan dalam berpakaian, kesabaran dan kelakuan dalam menghadapi siswa dan sebagainya.
d.   Alat Bantu mengajar yaitu alat-alat yang digunakan untuk membantu kelancaran mengajar, seperti lembar kerja siswa, alat peraga. Dan lain sebgaianya.
e.    Pendekatan dan metode yang sesuai, seorang guru harus dapat memilih dan menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan kondisi sekolah, materi pelajaran, alokasi waktu serta kemampuan siswa.
f.     Pelaksanaan mengajar berlangsung selama 1 bulan dimulai pada tanggal 22 Januari 2018.
g.    Evaluasi bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi pelajaran yang telah diberikan. Evaluasi yang telah diberikan adalah:
1)        Pretest merupakan test awal yang diberikan kepada siswa yang bertujuan untuk mengingatkan kembali pelajaran yang telah diberikan.
2)        Formatif test, diberikan setelah membahas suatu pokok bahasan, bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan pengetahuan terhadap materi pelajaran yang telah diberikan.
3)        Mid testiberikan setelah selesai membahas seluruh pokok bahasan di tengah semester.
4)        Tugas, Bertujuan untuk menguatkan dan menyelesaikan materi pembelajaran yang harus disampaikan karena waktu terbatas.

2.    Kegiatan Mengajar Terbimbing
Adapun yang dimaksud dengan kegiatan belajar terbimbing adalah mahasiswa calon guru melakukan kegiatan belajar di kelas dibawah bimbingan guru pamong atau guru kelas atau dosen pembimbingnya.
Kegiatan Mengajar Terbimbing merupakan kelanjutan dari kegiatan pengenalan lapangan atau observasi. Pelaksanaan dilakukan mulai dari jam 07.30 sampai dengan 12.30 dan kegiatan belajarnya dilakukan dari hari senin sampai hari sabtu pada bulan Januari-Februari.
Dalam kegiatan ini ada dua tahap bimbingan:
a.       Sebelum kegiatan mengajar pada tahap ini mahasiswa melakukan:
1)      Meminta bahan materi yang akan diajarkan pada guru kelas sesuai dengan jadwal
2)      Konsultasi dengan guru pamong atau guru kelas mengenai bahan materi yang akan diajarkan
3)      Menyusun persiapan mengajar sesuai dengan format yang berlaku di sekolah
4)      Pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
b.      Saat kegiatan belajar mengajar
Tahap ini mahasiswa mengajar di depan kelas untuk melihat kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan membuka pelajaran, bertanya, menagadakan variasi, memberi penguatan, menjelaskan, mengelola kelas, memimpin diskusi kelompok besar, memimpin kelompok kecil, dan perorangan.
Kegiatan ini masih sebagai ajang latihan mengajar siswa di depan kelas, oleh karna itu peranan guru pamong dan guru kelas sangat diperlukan untuk mengamati proses belajar mengajar yang di tampilkan oleh mahasiswa. Pada akhir proses belajar mengajar di laksanakan guru pamong dan guru kelas selalu memberikan saran dan masukan yang konstruktif agar nantinya biasa melakukan proses belajar mengajar dengan lebih baik. Selanjutnya guru pamong memberikan penilaian bahwa penampilan mengajar sudah cukup, mahasiswa dapat di rekomendasi untuk latihan mandiri.
Dengan praktikum mengajar terbimbing ini di harapkan mahasiswa PPL terbiasa untuk melakukan kegiatan rutin yang ada di Madrasah Ibtidaiyah (MI).terutama yang terkait dangan proses belajar mengajar dengan menerapkan berbagai keterampilan mengajar dan mengunakan multi metode secara baik, utuh dan sesuai dengan ilmu keguruan dan pendidikan dalam hal ini di Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Materi kegiatan mengajar terbimbing ini mengupayakan agar mahasiswa dapat menerapkan kemampuan mengajar secara utuh dan integrasi yang dilaksanakan di dalam kelas sesungguhnya (bukan simulasi) dengan bimbingan intensif guru pamong. Materi kegiatan mengajar terbimbing antara lain :
a.         Pengembangan materi, media dan sumber bahan
b.        Penyusunan suatu pelajaran atau persiapan mengajar dengan memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut :
1)        Kemampuan menerapkan bahan dan tujuan pembelajaran.
2)        Kemampuan mengorganisasi materi, media dan sumber bahan.
3)        Merancang sekenario atau strategi pembelajaran , pengelolaan kelas, merancang prosedur dan alat evaluasi.
c.         Keterampilan Mengajar di kelas meliputi kemampuan  :
1)        Pengelolaan tugas rutin, fasilitas belajar dan waktu
2)        Penggunaan strategi pembelajaran.
3)        Kemampuan berkomunikasi dengan siswa.
4)        Penguasaan materi pembelajaran,
5)        kemampuan melakukan evaluasi proses dan hasil.

3.    Kegiatan Mengajar Mandiri
Kegiatan belajar mengajar mandiri merupakan kelanjutan dari latihan mengajar terbimbing. Pada dasarnya latihan mengajar mandiri sama dengan latihan mengajar terbimbing. Perbedaannya adalah pada latihan terbimbing tidak mengunakan Instrumen Penilaian Kemampuan Guru (IPKG). Sedangkan pada latihan mandiri menggunakan IPKG.
Setelah mahasiswa PPL terbiasa melakukan proses belajar mengajar melalui praktek proses belajar mengajar terbimbing, barulah di lanjutkan dengan praktek  proses belajar mengajar mandiri. Dalam praktek ini mahasiswa dituntut sudah harus mampu menguasai keterampikan mengajar dan pengolahan kelas.

3.2  Pelaksanaan Kegiatan Non Mengajar
Selain praktek belajar mengajar, selama PPL mahasiswa Praktikan juga ikut serta terlibat dalam berbagai kagiatan rutin yang ada di MIS DDI Lemo Tua seperti:
a.       Upacara
b.      Senam pagi Setiap hari Jumat
c.       Baksos
d.      Mendampingi siswa shalat berjamaa’ah sebelum pulang sekolah
e.       Mendampingi Siswa dalam pembacaan Asmaul Husna dan,
f.       Kegiatan rutin lainnya
Kegiatan mahasiswa praktikan non mengajar yang dilakukan di MIS DDI Lemo Tua selain yang diatas adalah kegiatan obserrvasi dan kegiatan konsultasi baik dari pihak sekolah/madrasah maupun dari pihak kampus IAI DDI Polewali Mandar.
Mahasiswa PPK dalam pelaksanaan praktik mengajar dengan waktu tidak banyak menyempatkan untuk membuat suatu kegiatan, dimana nantinya kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi madrasah, siswa, guru dan lainya. Kegiatan yang diadakan mahasiswa PPK adalah kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) yang bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan bakat siswa, baik dalam cabang olahraga maupun seni. Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin silahturahmi yang baik antar siswa, guru maupun staf serta mahasiswa PPK dengan warga MIS DDI Lemo Tua  tentunya. Dengan izin dan dukungan Kepala Madrasah dan Para Guru maupun staf MIS DDI Lemo Tua maka kegiatan ini tetapkan dan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal               : Sabtu-Minggu / 17 s/d 18 Februari 2018
Waktu Pelaksanaan    : 07:30 – Selesai
Panitia pelaksana dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa praktikan sekaligus bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan PORSENI. Dana yang diguanakan adalah hasil partisipasi selururuh mahasiswa PPK. Dana tersebut digunakan untuk biaya persiapan kegiatan lomba, komsumsi dan hadiah untuk pemenang atau juara pada masing-masing lomba dalam kegiatan PORSENI. Adapun hadiah yang diberikan yaitu buku, pulpen dan piagam penghargaan. (contoh Piagam terlampir).
            Surat Keputusan Kepala Madrassah dalam Pembentukan panitia pelaksana kegiatan PORSENI terlampir pada laporan ini.











BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilakukan di MIS DDI Lemo Tua telah memberikan manfaat yang besar bagi praktikan. Yang dulunya tidak bisa apa-apa setelah melakukan praktek PPL, Praktikan  bisa belajar menghadapi anak didik. Melalui praktek PPL yang sudah berlangsung ± 1 bulan telah memberikan pembekalan untuk para mahasiswa calon guru dalam meningkatkan kemampuan mengajar dan manajemen serta mampu menghadapi situasi siswa secara nyata. Dengan kegiatan ini, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1.         Melalui PPL ini, kami dapat:
a.       Memperoleh keterampilan dalam menyajikan materi pelajaran dengan teknik dan metode yang tepat, benar, dan efektif dalam mengelola kelas (class management).
b.      Memperoleh pengetahuan yang berkenaan dengan kegiatan pendidikan di sekolah dasar sebagai pelengkap dari ilmu pengetahuan yang di peroleh di bangku kuliah, seperti; struktur organisasi sekolah/kelas beserta tugas-tugasnya, macam-macam perangkat pembelajaran yang wajib di buat oleh guru atau mahasiswa PPL beserta cara membuatnya, metode dan teknik yang tepat untuk mengajarkan suatu materi pelajaran, dan teori tentang cara megajar yang benar dan efektif.
c.       Memiliki mental yang kuat untuk berani tampil mengajar di kelas dan bersosialisasi dengan siswa, guru, staf tata usaha, dan kepala sekolah.
d.      Memiliki kepribadian, sikap, dan tingkah laku seorang guru.
e.       Menerapkan teori-teori keguruan dan ilmu pendidikan yang kami peroleh selama di bangkau kuliah pada situasi yang real pada SDN 1 Bayan.
f.       Berlatih memberikan bimbingan terhadap anak yang mengalami kesuliatan belajar.
g.      Mengembangkan kreatifitas sebagai seorang guru yang ingin profesional dan berakhlak mulia.
h.      Ikut terlibat aktif di sekolah secara menyeluruh (holistic).
2.         Hal-hal yang harus di lakukan guru jika ingin tujuan pengajaran yang ditulis di Rancana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tercapai adalah:
a.       Mengetahui kemampuan siswanya dalam menangkap pelajaran. Dalam arti tidak membuat tujuan pengajaran yang lebih tinggi dari kemampuan siswa
b.      Harus tanggap melihat mimik wajah dan tingkah laku siswa selama menyampaikan materi pengajaran baru. Mimik wajah dan tingkah laku tersebut bisa menjadi tanda mereka tidak mengerti penjelasan guru.
c.       Melakukan test formatif untuk mengetahui bagian pengajaran mana yang belum atau sudah di mengerti. Guru harus mengulang penjelasan secara lebih sederhana jika siswa yang sudah mengerti kurang dari 70% dari seluruh siswa di kelas tersebut.
d.      Guru harus selalu berusaha mengembangkan diri atau meningkatkan prestasinya dari kegiatan-kegiatan mengajar sebelumnya.
Berdasarkan pengalaman yang telah dialami, kini praktikan merasa lebih dewasa dalam menghadapi siswa/siswi, meskipun waktu selama ± 1 bulan ini masih sangat kurang untuk membekali praktikan menjadi calon guru yang baik. Semoga apa yang telah didapatkan selama PPL dapat bermanfaat bagi praktikan serta ilmu yang telah didapatkan diterapkan di tempat kerja kelak.

4.2  Saran
Dalam pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan PPL kedepannya, sehingga pelaksanaan PPL benar-benar dapat mencetakkan seorang calon guru yang memiliki kompetensi dalam mengajar dan non mengajar agar dapat menjadi tenaga guru yang profesional. Sebelumnya dengan hal tersebut kami dapat memberikan saran kepada pihak-pihak berikut :
a.       Terhadap Lembaga penyelenggara .
¨       Dapat memberikan pembekalan kepada mahasiswa calon guru lebih baik lagi, memberikan layanan bagi mahasiswa yang membutuhkan bimbingan. Sebaiknya jika mengadakan pelaksanaan PPL tidak bersamaan dengan waktu kuliah karena akan sangat sulit bagi mahasiswa praktikan untuk membagi waktu. 
b.    Terhadap Pihak Madrasah
¨         Kepada MIS DDI Lemo Tua terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam bidang akademik maupun non akademik agar mampu bersaing dengan sekolah/Madrasah lain pada tingkat Kabupaten, Propinsi, bahkan tingkat Nasional. Sehingga MIS DDI Lemo Tua yang sudah  membanggakan dengan prestasi selama ini akan semakin membanggakan kedepannya.
c.    Terhadap Guru Pembimbing (Pamong)
¨         Kepada Bapak/Ibu dewan guru MIS DDI Lemo Tua yang telah ikhlas membimbing kami dengan segala kekurangan dan kemampuan kami selama ini tiada kata yang dapat kami ucapkan selain terimakasih atas bimbingan dan arahannya. Terus berusaha untuk meningkatkan profesionalisme dalam mendidik, mengajar, dan membimbing siswa dan mahasiswa peserta PPL sehingga bisa mencetak generasi yang unggul dalam keilmuan dan santun dalam pergaulan.
d.   Terhadap Peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
¨         Pelaksanaan praktik hendaknya dilakukan dengan penuh kesungguhan  dan keikhlasan agar praktikan mendapatkan pengalaman yang maksimal.
¨         Praktikan benar-benar menerapkan praktik lapangan selama waktu yang ditentukan, karena merupakan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dari perkuliahan.
¨         Praktikan harus selalu menjaga sikap dan menjaga nama baik almamater yang disandang selama melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
e.       Dosen Pembimbing
¨          Dosen Pembimbing bisa lebih meningkatkan frekuensi kunjungannya untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa praktikan serta untuk melihat perkembangan yang terjadi. Memberikan motivasi dan semangat agar mahasiswa merasa di perhatikan dan diberi dukungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pendekatan Manajemen Kelas

Pendekatan dalam manajemen kelas   DISUSUN OLEH: L Kara Sitti saleha nurhidayah STKIP DDI POLMAN 2015-2016 KATA PENGANTAR Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT karena kehendak-Nya lah kami masih mampu menyelesaikan makalah yang berjudul “Pendekatan Dalam Manajemen Kelas”, sebagai tugas mata kuliah Manajemen Pengelolaan Kelas dalam memenuhi materi yang akan dibahas. Kami juga mengucapkan   rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kritik serta masukan yang   membangun terhadap materi dan penyajian makalah ini. Makalah ini disusun sebagai sarana mahasiswa untuk pembelajaran, dan   merupakan sarana bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu serta   pengetahuan mengenai Pendekatan Dalam Manajemen Kelas. Kami menyadari pada makalah ini masih terdapat kesalahan serta kekurangannya. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan masukan atau kritik serta saran de...

Laporan Penelitian di SD

Laporan observasi di sekolah Sdn no. 001 matakali   DISUSUN OLEH: l Kara Lukman t iai DDI POLMAN 2016-2017 Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT karena kehendak-Nya lah kami masih mampu menyelesaikan laporan ini yang berjudul “Laporan Observasi di sekolah SDN NO. 001 MATAKALI ”, sebagai tugas mata kuliah dalam memenuhi materi yang akan dibahas. Kami juga mengucapkan   rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kritik serta masukan yang   membangun terhadap materi dan penyajian makalah ini. Lporan ini disusun sebagai sarana mahasiswa untuk pembelajaran, dan   merupakan sarana bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu serta   pengetahuan mengenai Proses pembelajaran di SD/MI. Kami menyadari pada Laporan ini masih terdapat kesalahan serta kekurangannya. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan ma...