Langsung ke konten utama

Makalah Pendekatan Manajemen Kelas



Pendekatan dalam manajemen kelas






 




DISUSUN OLEH:
L Kara
Sitti saleha
nurhidayah

STKIP DDI POLMAN
2015-2016




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT karena kehendak-Nya lah kami masih mampu menyelesaikan makalah yang berjudul “Pendekatan Dalam Manajemen Kelas”, sebagai tugas mata kuliah Manajemen Pengelolaan Kelas dalam memenuhi materi yang akan dibahas. Kami juga mengucapkan  rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kritik serta masukan yang  membangun terhadap materi dan penyajian makalah ini.
Makalah ini disusun sebagai sarana mahasiswa untuk pembelajaran, dan  merupakan sarana bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu serta  pengetahuan mengenai Pendekatan Dalam Manajemen Kelas.
Kami menyadari pada makalah ini masih terdapat kesalahan serta kekurangannya. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan masukan atau kritik serta saran demi menyempurnakan makalah ini. Akhirnya semoga makalah ini bisa turut andil dalam mencerdaskan generasi muda bangsa, dan dapat bermanfaat nantinya.



                                                        Polewali, Oktober 2016

                                           Penulis











Daftar isi
Halaman Judul......................................................................................      i
Kata Pengantar.....................................................................................      ii   
Daftat Isi...............................................................................................      iii
BAB I Pendahuluan..............................................................................     1
          1.1 Latar Belakang......................................................................      1
          1.2 Rumusan Masalah.................................................................      1
          1.3 Tujuan Penulisan...................................................................      1
          1.4 Manfaat Penulisan.................................................................      1
BAB II Pembahasan.............................................................................      2
          2.1 Pendekatan Dalam Manajemen Kelas...................................      2
BAB III Penutup...................................................................................      5
          3.1 Kesimpulan............................................................................      5
          3.2 Saran......................................................................................      5
Daftar Pustaka.....................................................................................      iv








BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

Peran seorang guru pada pengelolaan kelas sangat penting khususnya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Hal itu karena secara prinsip, guru memegang dua tugas sekaligus masalah pokok, yakni pengajaran dan pengelolaan kelas. Masalah pengajaran berkaitan dengan segala usaha untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, sedangkan masalah pengelolaan berkaitan dengan usaha untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Kegagalan seorang guru mencapai tujuan pembelajaran berbanding lurus dengan ketidakmampuan guru mengelola kelas. Indikator dari kegagalan itu seperti prestasi belajar siswa rendah, tidak sesuai dengan standar atau batas ukuran yang ditentukan. Melalui pendekatan-pendekatan dalam manajemen kelas, akan memberikan kemudahan bagi guru dalam mengelola kelas.

1.2    Rumusan Masalah

1.       Apa saja pendekatan yang digunakan dalam manajemen kelas?
2.       Bagimana pendekatan dalam manajemen kelas ?

1.3    Tujuan

1.       Mengetahui pendekatan-pendekatan dalam manajemen kelas.
2.       Mengetahui pendekatan dalam manajemen kelas.

1.4  Manfaat Penulisan
1. Bagi Guru
·         Sebagai motivasi untuk meningkatkan ketrampilan dalam memilih strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat memperbaiki sistem pembelajaran yang tentunya berpengaruh pada hasil belajar siswa.
·         Menjadi masukan untuk menerapkan manajemen kelas yang baik.
2. Bagi Sekolah
·           Perbaikan proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan potensi belajar siswa yang akhirnya berpengaruh pada kualitas lulusan sekolah

BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pendekatan Dalam Manajemen Kelas

            Sebelumnya kita akan membehas arti dari pendekatan dan manajemen kelas. Pendekatan dapat di artikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Pedekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct intruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menururnkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif.

Manajemen kelas merupakan usaha yang dilakukan secara sadar untuk mengatur agar proses pembelajaran dapat berjalan secara sistematis. Usaha sadar itu mengarah pada persiapan belajar, penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi dan kondisi proses pembelajaran, dan pengaturan waktu, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikulum dapat tercapai. Pengertian lain dari manajemen kelas adalah serangkaian kegiatan guru dalam upaya menciptakan suatu kondisi kelas yang memungkinkan peserta didik dalam kelas tersebut dapat belajar dengan efektif dan memelihara situasi kelas agar tetap kondusif untuk proses belajar mengajar.
Jadi dari pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa pendekatan dalam manajeman kelas adalah suatu pandangan atau gambaran dari seorang guru terhadap pembelajaran, yang dilakukan atau di terapkan dalam proses pemebelajaran untuk menciptakan kondisi dalam proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan efektif.
Guru sebagai seorang manajer di kelas, sudah seharusnya memiliki pemahaman dan keterampilan untuk menggunakan bermacam-macam pendekatan dalam manajemen kelas. Walaupun tidak semua pendekatan yang dipahaminya digunakan sekaligus, tetapi guru dituntut untuk dapat memilih bahkan memadukan pendekatan yang tepat untuk dipergunakan di kelasnya. 
Beberapa pendekatan manajemen kelas, sebagai berikut:
a. Pendekatan Otoriter
Pendekatan otoriter adalah pendekatan yang memandang manajerial kelas sebagai suatu pendekatan pengendalian perilaku peserta didik oleh guru. Pendekatan ini menempatkan guru dalam peranan menciptakan dan memelihara ketertiban kelas dengan menggunakan strategi pengendalian. Tujuan guru yang utama adalah mengendalikan perilaku peserta didik. Guru bertanggung jawab mengendalikan perilaku peserta didik karena gurulah yang paling tahu dan berurusan dengan peserta didik. Tugas ini sering dilakukan dengan menciptakan dan menjalankan peraturan dan hukuman.
b. Pendekatan Intimidasi
Pendekatan intimidasi adalah pendekatan yang memandang manajemen kelas sebagai proses pengendalian perilaku peserta didik. Perbedaan pendekatan intimidasi dan pendekatan otoriter adalah jika pendekatan otoriter adalah pendekatan yang menekankan perilaku guru yang manusiawi, pendekatan intimidasi menekankan pada perilaku guru yang mengintimidasi. Bentuk-bentuk intimidasi itu diantaranya seperti hukuman kasar, ejekan, hinaan, paksaan, ancaman, dan menyalahkan. Peranan guru adalah memaksa peserta didik untuk berperilaku sesuai dengan perintah guru.
c. Pendekatan Permisif
Pendekatan permisif adalah pendekatan yang menekankan perlunya memaksimalkan kebebasan siswa. Peran guru adalah membiarkan peserta didik bertindak bebas sesuai dengan yang diinginkannya.
d. Pendekatan Buku Masak
Pendekatan buku masak adalah pendekatan yang berbentuk rekomedasi berisi daftar hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang guru apabila menghadapi berbagai tipe masalah manajemen kelas. Pendekatan ini cenderung menumbuhkan sikap reaktif pada diri guru dalam melakukan manajemen kelas.
e. Pendekatan Instruksional
Pendekatan instruksional adalah pendekatan yang mendasarkan pada pendirian bahwa pengajaran yang dirancang dan dilaksanakan dengan cermat akan mencegah timbulnya sebagian besar masalah manajerial kelas. Pendekatan ini berpendapat bahwa manajemen kelas yang efektif adalah hasil dari perencanaan pengajaran yang bermutu. Peranan guru adalah merencanakan dengan teliti pelajaran yang baik, kegiatan belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap peserta didik.
f. Pendekatan Pengubahan Perilaku
Pendekatan pengubahan perilaku didasarkan pada prinsip psikologi behaviorisme. Prinsip utama yang mendasari adalah perilaku merupakan hasil proses belajar. Menurut pendapat ini, alasan peserta didik berperilaku menyimpang adalah karena peserta didik telah belajar berperilaku tidak sesuai, atau peserta didik tidak belajar berperilaku yang sesuai.

g. Pendekatan Iklim Sosio-Emosional
Pendekatan iklim sosio-emosional berakar pada psikologi penyuluhan klinikal, dan karena itu memberikan arti penting pada hubungan antar pribadi. Pendekatan ini dibangun atas dasar pendapat bahwa manajemen kelas yang efektif (dan pengajaran yang efektif) sangat tergantung pada hubungan yang positif antara guru dan peserta didik. Guru adalah penentu utama atas hubungan antar pribadi dan iklim kelas. Oleh karena itu tugas pokok guru dalam manajemen kelas adalah membangun hubungan antar pribadi yang positif serta meningkatkan iklim sosio-emosional yang positif pula.
h. Pendekatan Proses Kelompok
Pendekatan proses kelompok didasarkan pada beberapa asumsi sebagai berikut: (1) kehidupan sekolah berlangsung dalam lingkungan kelompok, yakni kelompok kelas, (2) tugas pokok guru adalah menciptakan dan membina kelompok kelas yang efektif dan produktif,
(3) kelompok kelas adalah suatu system sosial yang mempunyai ciri yang terdapat pada semua sistem sosial, dan
(4) pengelolaan kelas oleh guru adalah menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang menunjang terciptanya suasana belajar yang menguntungkan.
i. Pendekatan Eklektik
Wilford A. Weber menyatakan bahwa pendekatan dengan cara menggabungkan semua aspek terbaik dari berbagai pendekatan manajemen kelas untuk menciptakan suatu kebulatan atau keseluruhan yang bermakna, yang secara filosofis, teoretis, dan/atau psikologis dinilai benar, yang bagi guru merupakan sumber pemilihan perilaku pengelolaan tertentu yang sesuai dengan situasi disebut pendekatan eklektik.
j. Pendekatan Analitik Pluralistik
Berbeda dengan pendekatan eklektik, pendekatan analitik pluralistik memberi kesempatan pada guru untuk memilih strategi manajemen kelas atau gabungan beberapa strategi dari berbagai pendekatan manajemen yang dirasa mempunyai potensi terbesar berhasil menanggulangi masalah manajemen kelas dalam situasi yang telah dianalisis.








BAB III
PENUTUP

3.1               Kesimpulan

Sebagai guru harus pintar dalam mengatur atau mengelola kelas dengan baik untuk memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran, salah satu cara untuk mendapatkan hal itu adalah adanya pendekatan dalam penegelolaan kelas. Pendekatan tersebut di antaranya ialah pendekatan otoirter; pendekatan intimidasi; pendekatan permisif; pendekatan intruksional; pendekatan proses kelompok; pendekatan sosio emosional; pendekatan resep; pendekatan peubah tingkah laku; dan pendekatan elektik serta pendekatan analitik pluralistik.

3.2    Saran

  Pendekatan yang tepat dalam suatu manajemen kelas sangatlah penting agar tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Oleh karena itu, diharapkan guru mampu memilih pendekatan yang sesuai dengan karakter siswa, kondisi, maupun berbagai hal dalam pembelajaran.





DAFTAR PUSTAKA



Komentar

  1. 3 - titanium dive knife - TITanium Art and Craft
    3 - titanium dive knife is titanium white a unique and exciting take on the titanium wheels popular 3D martial arts. Our traditional 3D model allows titanium hip you burnt titanium to control the gr5 titanium blade movement,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Penelitian di SD

Laporan observasi di sekolah Sdn no. 001 matakali   DISUSUN OLEH: l Kara Lukman t iai DDI POLMAN 2016-2017 Kata Pengantar Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT karena kehendak-Nya lah kami masih mampu menyelesaikan laporan ini yang berjudul “Laporan Observasi di sekolah SDN NO. 001 MATAKALI ”, sebagai tugas mata kuliah dalam memenuhi materi yang akan dibahas. Kami juga mengucapkan   rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kritik serta masukan yang   membangun terhadap materi dan penyajian makalah ini. Lporan ini disusun sebagai sarana mahasiswa untuk pembelajaran, dan   merupakan sarana bagi mahasiswa dalam mengembangkan ilmu serta   pengetahuan mengenai Proses pembelajaran di SD/MI. Kami menyadari pada Laporan ini masih terdapat kesalahan serta kekurangannya. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan ma...